Jodoh memang rahasia ALLAH, tidak ada satupun makhluk yang tahu tentang hal ini, sekalipun malaikat yang dekat dengan ALLAH. Jika manusia sudah berani mengklaim atau mengatakan jodohku si fulan, maka ia termasuk orang yang sotoy kelas tinggi.

Jodoh juga merupakan salah satu rahasia terbesar manusia, dimana jodoh ini sudah tertulis di lauhul mahfud, siapa namanya, dimana rumahnya dan seperti apa wajahnya.

Tapi jodoh itu merupakan takdir yang bisa kita minta lho, jika kita terus berdoa baik, memperbaiki diri, jika ALLAH mengabulkan tentu jodoh kita bisa berubah.

Begitupun sebaliknya, jika kita berlaku buruk, jodoh kita juga akan buruk, bahkan mungkin kita sulit bertemu jodoh kita.

Bagi kamu yang sekarang umur 35 tahun keatas belum nikah karena sulit ketemu jodoh,mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki dari kamu, entah ibadah atau apa yang jelas perlu perubahan.

Nah beberapa hal di bawah ini mungkin bisa jadi renungan buat kamu

1Menyepelekan Sholat

republik-gondes.blogspot.com

Sholat merupakan salah satu aktifitas utama kita dalam mendekati ALLAH, jika kamu sholat saja enggan, maka bisa dipastikan kamu juga jarang berdoa. Kalaupun kamu sering berdoa, doamu berarti mengambang, belum bisa dikabulkan oleh ALLAH.

Logikanya begini, kalau kamu minta sesuatu pada orang tua saja kamu harus merayu dan mendekati terus orang tua agar diberi yang kamu inginkan.

Nah, sama saja minta atau berdoa kepada ALLAH, tanpa kamu merayu dan mendekat kepada ALLAH, rasanya hampir mustahil doa kamu dikabulkan.

2Memutus Tali Silaturahim

youtube.com

Bagi kamu yang suka cuek pada teman, pada saudara hati-hati lho, itu bisa membuat kamu sulit jodoh.

Begini logikanya, jodoh itu bagian dari rizky dan rizky itu bisa datangnya dari teman, sahabat atau saudara, jadi dengan kamu cuek, enggan  komunikasi atau malah memutus tali silaturahim tentu kesempatan mendapat jodoh juga berkurang.

3Berdosa Kepada Orang Tua

hipwee.com

Ridho ALLAH itu tergantung ridho orang tua, ketika kamu berdosa, mengecewakan atau membuat luka hati orang tua, segeralah minta maaf dan tidak mengulangi lagi.

Jangan sampai karena saking kecewanya orang tua berdoa agar kamu sulit jodoh, waduh parah itu guys, tentu ALLAH akan mengabulkan doa orang tua yang kecewa.

4Kriteria Kamu Tinggi

zoyajeans.com

Semakin kamu mencari kriteria jodoh yang ideal, semakin kamu kesulitan mencarinya, bahkan kamu mungkin tidak akan menemukannya. Karena manusia tidak ada yang sempurna, selalu ada kekurangannya.

Jika kamu mempunyai kriteria yang terlalu tinggi, segera turunkan guys, ambil pokoknya saja, seperti agama, akhlak dan kemandirian dan lainnya. Jangan sampai umur kamu sampai 40 tahun masih jomblo dan masih mikir pasangan yang ideal, haduh.

5Tidak Ada Usaha

duniajilbab.co.id

Yang terakhir yang peru kamu renungi adalah usah ayang kamu lakukan, jika kamu ingin jodoh tapi berdiam diri dirumah rasanya sulit jodoh akan datang sendiri.

Berdiam diri disini maksdnya kamu gengsi tidak mau minta bantuan orang lain, menutup diri tidak terbuka pada sahabat atau teman. Kamu terlalu over percaya diri, bahwa kamu bisa sendiri.

Jika kamu tidak ada usaha dan kamu hanya bermimpi tiap malam ada pangeran berkuda putih datang menjemputmu, maka kamu hanya bisa bermimpi, tanpa wujud yang nyata, jadi makan aja tuh mimpi!

Yup 5 hal diatas merupakan sebagian yang bisa direnungi bagi kamu yang sulit ketemu sama namanya jodoh, walau sebenarnya masih banyak yang perlu direnungi, tapi semoga 5 hal diatas sudah cukup untuk jadi bahan renungan, semoga bermanfaat ya guys.