Yogyakarta memiliki begitu banyak objek wisata dan tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, sebut saja salah satunya adalah candi. Di Indonesia candi paling banyak ditemukan di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, terdapat banyak candi yang menjadi tujuan para wisatawan saat hari libur tiba. Nilai seni dan arsitektur klasik yang luar biasa dari bangunan candi sangat kental dengan nilai sejarah.

Tak ada ruginya jika beberapa candi di Yogyakarta ini kamu kunjungi saat liburan panjang esok.

1Candi Sari

lokasiwisata.info

Candi Sari atau Candi Bendah merupakan Candi Buddha yang dibangun sekitar abad ke-8 dan ke-9 Masehi. Jika kamu mengunjungi Candi Sari ini, kamu akan melihat dibagian atas candi ada 9 buah stupa yang tersusun dalam 3 deretan sejajar.

Candi Sari ini merupakan bangunan bertingkat dua sampai tiga. Lantai atas dahulu digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang kepentingan agama, lalu lantai bawah dipakai untuk kegiatan keagamaan.

Jika dilihat dari luar, tubuh candi ini nampak terbagi menjadi dua tingkat karena adanya dinding yang menonjol melintang seperti “sabuk” mengelilingi bagian tengah tubuh candi.

2Candi Pawon

www.triptrus.com

Candi Pawon terletak di Kabupaten Magelang. Candi peninggalan Masa Klasik ini merupakan penggabungan dari seni bangunan Hindu Jawa Kuno dan India. Candi ini terbuat dari batuan gunung berapi dan memiliki teras serta tangga yang agak lebar.

Semua bagian dari candi ini berhiaskan stupa, sedangkan dinding di bagian luar dihiasi dengan relief pohon hayati yang oleh pundi-pundi dan kinara-kinari atau makhluk setengah manusia-setengah burung.

3Candi Kalasan

eloratour.wordpress.com

Candi Kalasan disebut juga Candi Tara karena bangunan candi ini merupakan persembahan suci untuk Dewi Tara. Candi ini pun digunakan sebagai biara untuk para pendeta. Bangunan Candi Kalasan diselesaikan pada tahun 778 Masehi.

Lokasi candi ini di Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan. Candi Buddha ini memiliki tinggi hingga 34 meter dengan panjang dan lebar 45 meter. Candi Kalasan terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian bawah, tubuh candi, dan atap candi.

4Candi Sambisari

britadi.com

Candi yang merupakan peninggalan dari masa kejayaan Hindu ini terletak di Kabupaten Sleman. Bangunan ini ditemukan pada tahu 1966 oleh seorang petani dari Desa Sambisari yang bernama Karyoniangun saat berladang.

Candi ini berada di bawah permukaan tanah sedalam 6.5 meter. Jika kamu mengunjungi candi ini, kamu harus menuruni beberapa anak tangga menuju ke bawah.

5Candi Ijo

telusurindonesia.com

Candi Ijo adalah candi yang terletak di Bukit Ijo. Bukit Ijo sendiri adalah perbukitan tertinggi yang berada di wilayah Kecamatan Prambanan dengan puncak setinggi 410 mdpl. Sedangkan lokasi Candi Ijo berapa pada ketinggian 357 hingga 395 mdpl.

Candi Ijo berada di lokasi yang paling tinggi di antara candi-candi lain di wilayah Yogyakarta. Sehingga Candi Ijo disebut juga sebagai “Candi Tertinggi” di Yogyakarta.

6Candi Gebang

www.liocooper.com

Candi Gebang merupakan Candi Hindu yang berada di dusun Gebang. Candi dengan tinggi sekitar 8 meter ini memiliki puncak yang berbentuk lingga yang berbentuk silinder.

Di bagian kanan dan kiri pintu masuk Candi Gebang terdapat relung dengan Arca Nandiswara dan di dalam terdapat relung berisi arca Mahakala.

7Candi Sewu

id.wikipedia.org

Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur dengan usia lebih tua dari Candi Prambanan.

Pada kompleks Candi Sewu ini terdapat 249 candi. Akan tetapi masyarakat setempat menamai candi ini sebagai Candi Sewu yang artinya Candi Seribu.

8Candi Banyunibo

4rentalwisata.blogspot.com

Candi Banyunibo adalah candi Buddha yang berada di bagian timur dari kota Yogyakarta. Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 di zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini memiliki ciri khas dari agama Buddha, yakni sebuah stupa.

Menarik bukan candi-candi yang ada di Yogyakarta? Kalau begitu, candi mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu?