Apa yang kamu pikirkan pertama di dalm kepala ketika mendengar kata fisika? Banyak anak sekolah yang menganggap bahwa mata pelajaran fisika ini sangat sulit karena banyak rumus dan isinya hitungan.

Tunggu dulu, seharusnya kamu mengenal sosok ini sebelum memutuskan untuk tidak menyukai fisika. Karena, berkat peran beliau, fisika menjadi sangat asyik dan mudah untuk dipelajari.

Maksudnya?

Back

1. Pakar Fisika Indonesia

Yohanes Surya adalah sang fisikawan dari Indonesia yang lahir di Jakarta pada tanggal 6 November 1963. Beliau adalah pakar fisika dari Indonesia.

Karena jasa beliaulah, Indonesia setiap tahunnya berhasil menjuarai IPHO (International Physics Olympic) yaitu perlombaan fisika terkeren sejagad.

Fisika bagi Yohanes adalah jiwanya, ruhnya dan panggilan hatinya untuk mengabdi pada negeri tercinta: Indonesia.

Yohanes mulai mendalami fisika dan memutuskan bahwa fisika adalah hidupnya adalah ketika dirinya menjadi mahasiswa fisika di fakultas FMIPA Universitas Indonesia. Setelah lulus, ia kemudian mengajar di SMAK I Penabur Jakarta.

Yohanes kemudian hijrah ke Amerika untuk melanjutkan studinya di Universitas College of William and Mary, Virginia untuk mengambil program magister dan doktornya.

Ia menyabet gelar cumlaud di program doktornya. Yohanes Surya kemudian menjadi Consultan of Theoretical Physics di TJNAF/CEBAF.

yohanessurya.com
Back