Ibadah haji merupakan rukun islam ke lima, yaitu ibadah yang wajib ditunaikan umat Muslim yang mampu. Maksud mampu disini adalah mampu lahir batinnya.

Secara uang atau modal dia mampu, sehingga tak memberatkannya dengan hutang demi menjalankan ibadah haji tersebut, serta tak memaksanya untuk melakukan dosa dan maksiat karenanya juga.

Secara fisik dia mampu, sehat dan bisa menjalankan rangkaian-rangkaian ibadah haji tanpa memberatkan atau memperburuk kondisi kesehatan fisiknya.

Secara batin dia juga mampu karena siap untuk menjalankan perintah Allah tanpa terpaksa, tanpa rasa berat, dan benar-benar ikhlas menghamba kepadaNya, Tuhan Semesta Alam.

Satu hal yang khas, sebagai rasa syukur kepada Allah atas kemudahan yang diberikanNya selama menjalankan ibadah haji sampai pulang ke Tanah Air, serta juga sebagai rasa terima kasih kepada sanak famili yang mendo’akan, para jamaah haji biasanya pulang membawa oleh-oleh.

Oleh-oleh inilah yang menjadi khas bagi para jamaah haji Indonesia di kalangan masyarakat Indonesia sendiri. Biasanya ada yang memang sengaja dibeli di tanah air, ada pula yang dibeli di Indonesia karena keterbatasan uang dan waktu.

Apa saja kah oleh-oleh khas tersebut?

Kurma

manfaat-kurma
www.lahiya.com

Kurma memang sangat identik dengan Tanah Suci, karena memang buah ini banyak tumbuh dan dikembang-biakkan di sana. Buah ini juga sangat dekat dengan Rasulullah SAW dan para sahabat di masa dahulu.

Sehingga sangat pas bagi para jamaah haji yang baru pulang dari menjalankan rukun Islam ke lima tersebut untuk memberikan oleholeh buah kurma kepada sanak saudara dan keluarga sesampainya mereka di Tanah Air.

Air Zam-zam

zam-zam
hasanudin.net

Sama hal nya dengan buah kurma, air zam-zam sangat identik dengan Tanah Suci, dan juga dengan Rasulullah SAW serta para sahabat di masa awal Islam dahulu.

Namun yang membedakan adalah bahwa air zam-zam hanya ada di Tanah Suci dan tak ada dimanapun. Air zam-zam menjadi sumber kehidupan penduduk di Tanah Suci sana dan sampai kapanpun air ini tak pernah kering atau habis.

Sajadah

ecs001rp20rb
grosirbatiksolomurah.wordpress.com

Sajadah bisa dibeli di Indonesia, namun makna memberikan oleh-oleh sajadah ini sangat dalam karena sajadah adalah alas umat Muslim untuk sholat, menyembah Allah SWT.

Sehingga harapannya sajadah tak hanya sebagai simbol seseorang yang baru pulang dari Tanah Suci memberikan oleh-oleh kepada sanak saudara dan keluarganya, namun bisa jadi semangat dan do’a agar yang diberi sajadah bisa lebih banyak beribadah kepada Allah.

Buku-buku Tentang Tanah Suci

IMG_20150630_151607
dindadinda2511.blogspot.com

Banyak buku-buku yang dijual baik berbahasa Inggris, Arab, maupun Indonesia yang menceritakan seluk beluk ibadah haji dan umroh, tentang Tanah Suci Madinah dan Mekkah, tentang Rasulullah SAW dan para sahabat, dan sebagainya.

Buku-buku ini biasanya bisa dipesan lewat KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) masing-masing, atau bisa juga ditemukan di Indonesia bahkan di Arab sana.

Nah, bagi yang pernah mendapat hadiah-hadiah tersebut pasti tahu bahwa rasa bahagia beda ya, karena mendapat hadiah itu dari para jamaah haji yang telah menjalankan ibadahnya dengan lancar.

Sehingga memacu semangat kita untuk semakin kuat memperbaiki dan memantaskan diri agar Allah segera memanggil kita untuk menjalankan rukun Islam ke lima tersebut sesegera mungkin.