Sebuah pepatah mengatakan bahwa memulai pernikahan sama dengan memulai perjalanan sebuah kapal. Tentu dalam perjalanan itu kita akan banyak menemui karang terjal, ombak besar dan badai disertai petir yang menggelegar.

Begitu pula dalam pernikahan, ada saja tantangan dan rintangan yang hadir silih berganti. Baru saja satu masalah selesai, beberapa saat berikutnya masalah lain datang. Tak pelak, bila di antara suami istri kurang siap dan kurang bijak dalam menghadapinya, perceraian menjadi pilihan.

Hal inilah yang akhirnya membuat sebagian orang bertanya-tanya, apakah masih ada pernikahan yang bisa langgeng. Tentu saja masih ada. Tidak sedikit kita temui pasangan suami istri yang dapat menjaga komitmen mereka dalam hubungan pernikahan.

Nah, bagi kamu yang penasaran apakah hubunganmu nanti dapat langgeng, berikut ini beberapa tanda yang dapat digunakan untuk memprediksinya.

1Saling Berkomunikasi

blog.maukawin.com

Apakah selama ini kamu telah mengkomunikasikan segala hal dengannya? Jika iya, artinya pernikahanmu akan baik-baik saja.

Keharmonisan antara suami istri salah satunya dapat dilihat dari cara mereka berkomunikassi. Sejak masa perkenalan, keduanya sudah membiasakan diri untuk berbicara panjang lebar secara jelas. Dan semakin hari, hubungan mereka pun semakin dekat dan terbuka.

2Saling Mendukung

artikelmasjidku.id

Badai rumah tangga yang silih berganti memang sudah menjadi hal yang natural dalam pernikahan. Maka sikap untuk saling mendukung satu sama lain menjadi sebuah solusi atas cobaan dan guncangan yang datang. Jadilah pendukung yang setia, baik dalam kondisi susah maupun senang.

3Saling Memaafkan Berulang Kali

redaksimuslim.com

Walau mungkin terlihat sederhana, pemberian maaf merupakan aspek penting dalam menjalin hubungan pernikahan. biasakan untuk mengungkapkan kesalahan daripada menyembunyikannya. Karena kamu dan dia memang memiliki kekurangan dan keanehan masing-masing.

Terkadang, kata-kata dan sikap yang kita lakukan bisa saling menyinggung perasaan. Jadi minta maaflah setiap hari dan berikanlah pemaafan berkali-kali. Jangan sampai dirimu beristirahat di malam hari dalam kondisi memendam kemarahan dalam hati.

4Mencintai dan Murah Hati Setiap Hari

hanya-love.blogspot.com

Banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai wujud cinta dan kemurahan hati pada pasanganmu. Contohnya seperti memberikan kecupan sebelum berangkat kerja, catatan kecil di cermin atau menghubunginya dengan telepon atau pesan ponsel sepanjang hari.

5Selalu Mengutamakan Pasangan

kupunyaaci.com

Jadilah seseorang yang selalu memberi tahu keadaanmu pertama kali pada pasanganmu. Karena dia adalah orang yang selalu ingin mencintaimu. Maka dirinya ingin untuk menjadi yang pertama tahu keadaanmu. Dialah orang yang pertama kali berbicara denganmu setiap hari.