Di Indonesia kehebohan akan game Pokemon Go terlihat di mana-mana, bisa kita lihat di taman kota, jalan-jalan utama, di kantor atau bahkan di dalam kendaraan. Para pemain tampak sibuk dan antusias untuk mengejar dan menangkap pokemon.

Game ini banyak di unduh oleh jutaan orang dalam minggu pertama sejak dirilis, sungguh rekor yang yang fantastis.

Pokemon Go merupakan game berjenis Augmented Reality, yang memang berbeda dengan game lain pada umumnya. Game ini melibatkan para pemainnya untuk bergerak aktif di dunia nyata.

Lantas, siapakah pencipta game Pokemon Go? Mungkin kamu yang biasanya hanya memainkan game fenomenal ini sempat berpikir begitu hebatnya pencipta Pokemon Go.

Yuk mengenal John Hanke, pria jenius di balik game Pokemon Go yang saat ini digandrungi banyak orang di penjuru dunia.

John Hanke Mengawali Karir di Dunia Internet Gaming

18 game
helpmybabylive.com

Pria yang menempuh pendidikan di University of Texas, Austin dan mendapatkan gelar master di University of California Barkeley (1996) ini setelah lulus bekerja di perusahaan software ternama yakni Archetype Interactive dan Big Network.

John Hanke adalah salah satu orang yang sukses mengantarkan Massively Multiplayer Online Game (MMO) banyak pemain untuk yang pertama kali.

Aplikasi Keyhole dan Google Earth

18 earth
zikriimam.wordpress.com

John Hanke melakukan launching Keyhole pada tahun 2000. Keyhole merupakan aplikasi yang mengintergrasikan peta dengan aerial photography secara online untuk yang pertama kali.

Aplikasi tersebut ternyata menarik perhatian Google sehingga pada tahun 2004 pihak Google resmi membeli Keyhole yang kemudian dengan bantuan Hanke dikembangkan menjadi Google Earth.

Bergabung dengan Google Geo Team

18 google team
googlegeodevelopers.blogspot.com

Pada tahun 2004 sampai tahun 2010, John Hanke fokus pada Google Geo Team. Menajubkan, ia bersama timnya menghasilkan beberapa temuan yang luar biasa antara lain Google Street View dan Google Maps.

Pada waktu itu pula ia mulai memformulasikan dan membangun tim untuk merancang Pokemon Go.

Meluncurkan Niantic Labs dan Merilis Ingress

18 niantic_big
plus.google.com

Berlanjut pada tahun 2010, dengan didanai oleh Google, Hanke mulai merintis perusahaan rintisan bernama Niantic.

Niantic adalah perusahaan yang berfokus pada game berbasis GPS. Hanke pun berpendapat bahwa pada masa yang akan datang, pengembangan internet yang sangat luar biasa memungkinkan penggunanya untuk berpetualangan melalui game yang mengintergrasikan dengan dunia nyata.  

18 juli ingg
bisnis.liputan6.com

Kemudian Niantic melakukan launching game pertama bernama Ingress. Ingress adalah bentuk aktivitas dunia nyata dalam handphone setiap pengguna.

Kerjasama Antara Google dan The Pokemon Company

pokemon-map_0
plus.google.com

Pada momen April Full’s Day Jokes di tahun 2014, Google dan Pokemon Company bekerja sama untuk membuat kegiatan dimana para viewers diberikan tantangan mencari pokemon di Google Maps.

Dari kegiatan itu, Hanke berpikir dan memanfaatkannya untuk mengubah idenya itu menjadi sebuah game yang benar-benar nyata.

Akhirnya John Hanke memutuskan untuk membangun Pokemon Go bersama dengan tim Ingress yang kemudian dilengakapi dengan fitur PokeStops dan Gyms.

Kerja Keras Selama 20 Tahun Akhirnya Menuai Kesuksesan

18 pokemon
www.voa-islam.com

Sekarang ini Pokemon Go semakin viral dan populer di seluruh dunia, hal itu membuat John Hanke telah menerima sebanyak 25 juta dollar AS dari perusahaan investornya seperti Google, Nitendo, dan Pokemon Company.

Kesuksesan gemilang yang sekarang diraih John Hanke diperoleh dari hasil kerja kerasnya selama 20 tahun. Sungguh luar biasa bukan?

Berawal dari keuletan dan kerja kerasnya, ia memulai perjalanan panjang itu dengan suatu langkah kecil dari sebuah perusahaan rintisan. Semoga beberapa hal di atas dapat menginspirasi kita dan bisa kita ambil sisi positifnya.