Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan nama sebuah perusahaan angkutan umum satu ini. Ya, Rosalia Indah sudah sangat laris manis dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Jawa.

Perusahaan ini telah memiliki banyak armada yang setiap tahunnya selalu diperbaiki kualitasnya agar bisa lebih maksimal dalam melayani penumpang.

Tak hanya berkutat pada operasi angkutan umum seperti bus dan travel, namun Rosalia Indah kini juga melayani banyak pengantaran paket bahkan mulai membuat berbagai rumah makan atau restauran.

Kesuksesan dari pemilik Rosalia Indah ini tentu tak serta merta mulus atau bahkan langsung berdiri di depan mata.

Namun pasangan Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso telah mengalami berkali-kali jatuh bangun dalam membesarkan usaha mereka bersama tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran dan hikmah terbaik dari rahasia kesuksesan pasangan suami istri pekerja keras tersebut.

1Bermula Dari Usaha Travel Kecil

archive.kaskus.co.id

Dahulu di awal menikah Yustinus dan Yustina bukanlah siapa-siapa. Mereka masih belum memiliki apapun dan hidup serba kekurangan.

Dengan bekal dalam dunia transportasi yang pernah digelutinya sebelum menikah, Yustinus kemudian mengajak istrinya membangun bisnis kecil-kecilan berupa travel.

Awalnya, sama seperti kebanyakan bisnis yang masih merintis, usahanya juga pernah mengalami pasang surut dan bahkan sepi dari pelanggan.

Namun Yustina yang setia mendampingi suaminya, tak pernah lelah memberikan semangat untuk terus membersamainya dalam keadaan apapun.

2Nama Rosalia Indah Lahir

youtube.com

Kemudian seiring terus berkembangnya usaha mereka, nama Rosalia Indah lahir. Nama itu diambil dari nama putri pertama mereka, Rosalia Indah.

Awalnya memang bisnis Yustinus dan Yustina hanya bergelut di bidang travel dengan armada yang seadanya kala itu.

Namun melihat berbagai kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan, banyak orang yang mulai berpikir untuk menggunakan jasa Rosalia Indah ketika hendak melakukan perjalanan ke luar kota.

3Rosalia Indah Memiliki Izin Usaha BPU dan Merambah Antar Provinsi

youtube.com

Pada bulan Mei tahun 1987 Rosalia Indah dibawah penanganan langsung dari pasangan Yustinus dan Yustina mulai melebarkan sayap pada armada berupa bus, walaupun masih antar kota dalam provinsi.

Dengan semangat yang tak putus didorongkan Yustina kepada suaminya, Yustinus semakin semangat dalam mengakselerasi perkembangan Rosalia Indah.

Hingga pada tanggal 21 Maret 1991 perusahaan ini berhasil mengantongi izin usaha menjadi Biro Perjalanan Umum (BPU) Rosalia Indah, yang tak hanya melayani antar kota namun antar provinsi juga.

Trayek Rosalia Indah mulai melebar sampai ke Sumatera dan terus semakin mengembang.

4Kesetiaan Istri yang Tak Pernah Meninggalkan Suaminya Dalam Keadaan Apapun

dbayun.wordpress.com

Benar sebuah anggapan, bahwa salah satu kunci kesuksesan seorang lelaki ada pada siapa wanita di baliknya.

Lelaki membutuhkan sosok wanita, entah itu Ibu, Istri, atau anak perempuannya yang siap menjadi rumahnya saat kondisi bagaimanapun.

Begitupun dengan Yustinus, tanpa Yustina yang setia mendampinginya dari memulai bisnis sejak angka 0 bulat, dia tak akan mampu menyandang gelar salah satu pengusaha sukses asal Jawa hingga detik ini.