Sehat itu anugerah yang sangat mahal dari Tuhan. Kalo udah sakit, ngga ada yang tau berapa duit harus dikeluarkan untuk biaya pengobatan.

Uniknya di Indonesia itu kebanyakan orang ngga cari tau asal mula sakitnya kenapa, pokoknya langsung keluar deh istilah-istilah nama sakitnya. Dan inilah istilah-istilah penyakit yang cuma ada di Indonesia. Jreng-jreng.

1Masuk Angin

health.kompas.com

Situ balon? Kemasukan angin. Wkwkwk

Istilah masuk angin ini cuma sebutan tanpa alasan yang berarti. Duileh. Perasaan lesu, ngga semangat, pokoknya semuanya ngga enak. Sebenernya ini bukan masuk angin, bukan juga penyakit. Terus apa dong?

Ini adalah sejenis symptoms dari penyakit lain yang biasanya terjadi karena inveksi virus. Nah, jadi kalo kamu ngga enak badan, segera berobat ke dokter ya. Bisa jadi lagi ada virus yang menyerangmu.

2Angin Duduk

health.kompas.com

Jadi setelah anginnya masuk terus anginya dipersilahkan duduk. Gitu? Hehehe.

Angin duduk ini biasanya digunakan orang Indonesia untuk menjuluki masuk angin yang sudah terlampau parah. Padahal angin duduk ini sebenernya adalah serangan jantung yang ngga dirasakan sebelumnya.

Biasanya dada terasa seperti tertekan, sesak, keringat dingin, perut kembung, nyeri di ulu hati hingga mual. Kemudian pembuluh darah menyempit atau mengeras sehingga pasokan udara ke jantung berkurang.

3Flu Tulang

tpq-nurazizah.blogspot.com

(Btw ingusnya keluar dari mana?) hehehe.

Flu tulang ini hanya istilah yang digunakan orang Indonesia untuk penyakit Chikungunya yang memiliki symtomp mirip dengan flu. Yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot tapi ngga pake bersin segala ya.

Chikungunya sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk betina Aedes aegypti dan Aedes albopictus, dua spesies yang juga dapat menularkan virus demam berdarah. Begitu lho.

4Bengek

obatsesaknafas.web.id

Bengek juga yang tau cuma orang Indonesia loh. Bahkan orang luar jawa bisa sedikit yang tau istilah ini. Bengek disini adalah istilah bagi mereka yang menderita penyakit asma dan sedang kambuh.

Mungkin karena ketika kambuh suara yang ditimbulkan itu bunyinya “ngek, ngek, ngek” . Padahal udah keren istilah Yunaninya yaitu terengah, eh malah jadi terengek. Duuh.

5Bintitan.

www.duniainformasikesehatan.com

Nah! Yang satu ini mitosnya juga karena suka ngintip, jadi kena imbasnya yakni bintitan. Padahalkan bintitan bukan gara-gara ngintipin orang, hiks.

Bengkak pada kelopak mata yang terjadi akibat infeksi ringan ini istilah medisnya adalah hordeolum. Terus ada bakteri yang nyasar di kelenjar minyak yang terletak di sepanjang tepi kelopak mata yang kemudian menyumbat dan menjadi infeksi.

Dari sebab itulah muncul bintit.

Makanya, kamu harus jaga kebersihan mata. Jangan kucek mata dengan tangan yang kotor. Tapi, kenapa istilahnya jadi bin-tit-an ya? ngga bin yang lain. Xixixi.

6Gondongan

dkwek.com

Mungkin orang Indonesia terinspirasi dari taneman enceng gondok yang punya batang agak gelembung ditengah. Maka istilah penyakit untuk leher yang agak membengkak disebut dengan gondongan. Mungkin loh ya.

Penyakit ini sebenernya punya istilah medis sendiri, yaitu mumps atau parotitis. Disebabkan oleh virus yang mudah sekali menular loh, hati hati ya kamu.

7Korengan

majalahkesehatan.com

Langsung laper gitu ya? Jadi kebayang sama makanan yang biasa dijajakan gerobak pinggir jalan ituloh.

Oh, itu gorengan ya? hahaha

Ini nih orang Indonesia, kreatif nya diluar batas manusia biasa. Korengan itu istilah orang Indonesia untuk menyebut inveksi pada kulit atau kita kenal juga dengan luka yang sering terjadi kalo habis jatoh atau tabrakan.

Tapi luka sama korengan itu beda loh, korengan itu penyakit yang menular!

8Cantengan

www.flickriver.com

Aslinya sih istilahnya adalah paronychia, yang merupakan infeksi pada kulit sekitar kuku, bisa di kaki juga bisa di tangan. Penyebabnya bisa karena pake sepatu yang terlalu sempit, tertimpa sesuatu, tumbuh jamur, memotong kuku, menggigit kuku, sehingga terjadi infeksi deh.

Bedakan ya cantengan dan centong nasi!

9Congean

hijapedia.com

Duh. Ini kalo kamu ngomong sama bule arab, mungkin mereka lagi ngira kamu butuh perhatian. Kok bisa? Ada deh pokoknya. Wkwkwk.

Congean terjadi karena inveksi atau pecahnya gendang telinga yang memiliki tekstur dan warna cairan berbeda dengan kotoran kuping biasa. Istilah congean juga sering dipake buat ngatain orang yang pendengarannya kurang baik.

Makanya, kalo dipanggil ya noleh dong. Jadi ngga dikira congean. Hahaha.

SHARE