Ini Bukti Kalau Naik Kuda Adalah Olahraga yang Paling Komplit

953

Naik kuda memang dimasukkan ke dalam cabang olahraga. Padahal orang biasa akan melihat jika naik kuda yang lelah dan bergerak adalah kudanya.

Sang penunggang seolah hanya santai saja di atas pelana mengendalikan laju sang kuda. Namun ternyata pandangan ini keliru. Seorang penunggang kuda bisa terkuras secara fisik mental maupun emosional.

Maka tak salah jika dalam agama Islam, Rasulullah SAW menganjurkan seseorang naik kuda sebagai olahraga agar tercipta fisik yang kuat.

Naik kuda ternyata memiliki banyak manfaat. Seseorang harus memiliki koordinasi yang baik dari segi fisik, teknik dan terutama mental. Karena bagaimanapun kita mengendarai makhluk hidup yang mungkin bisa menjadi liar di tengah-tengah pertandingan.

Nah berikut ini ulasan apa saja manfaat naik kuda dari segi fisik, mental dan emosional

1Manfaat fisik

www.magic4walls.com

Berkuda atau menunggang kuda dapat mengembangkan keseimbangan dan meningkatkan fungsi motorik. Keuntungan lainnya yatu menguatkan otot, akselerasi, pencegahan dari kram otot.

Selain itu berkuda bisa meningkatkan mobilitas sendi, meningkatkan sistem kerja jantung, meningkatkan sirkulasi darah, menstimulasti integrasi sensor tubuh dan meningkatkan persepsi visual.

Menunggang kuda akan menstimulasi organ internal seperti halnya saat kita berjalan. Ini juga akan membantu menjaga fungsi liver dan pencernaan tubuh.

Saat berkuda kita akan membakar kalori yaitu sekitar 5 kalori per menit. Meningkatkan kecepatan dan durasi berkuda akan meningkatkan intensitas olahraga sehingga dapat membakar lebih banyak kalori.

Sebelum berkuda, atlet berkuda juga melakukan persiapan fisik agar mereka kuat saat mengendarai kuda. Semisal mereka melakukan fitnes, yoga sampai pilates.

2Manfaat Mental

www.3freebets.com

Saat pertama kali akan menunggang kuda maka kita biasanya akan merasa itu sebuah tantangan. Kita belajar dari awal bagaimana kita harus duduk, bersikap, memegang tali, dan sebagainya.

Itu akan membuat kita fokus pada kegiatan tersebut dan hal tersebut sangat baik untuk membuat kita melupakan berbagai persoalan.

Saat kita sudah mulai bisa menunggang kuda dengan baik maka kita akan belajar lagi bagaimana untuk menunjukkan kemampuan yang lebih.

betoclock.com
betoclock.com

Para penunggang kuda, baik yang pemula ataupun yang sudah ahli banyak yang mengungkapkan bahwa selalu ada pelajaran baru yang mereka peroleh dari olahraga ini.

Secara mental, penunggang kuda akan cenderung mudah mengendalikan diri mereka sebagaimana mereka dapat mengendalikan kuda yang dikendarainya.

Mereka juga cenderung akan rajin merawat sang kuda tersebut dan diri mereka sendiri. Belajar terus-menerus yang dilakukan oleh penunggang kuda akan membuat otak mereka terus bekerja dan itu bisa menjadi peluang kesuksesan dalam hidup.

3Manfaat Emosional

todaysequine.net

Berkuda di alam bebas akan membuat perasaan menjadi lebih tenang. Tak hanya sekedar menikmati alam sekitar, penunggang kuda juga tak merasa sendirian karena ada kuda yang menemani.

Meskipun kadang di awal, menunggang kuda dapat membuat frustasi dan menantang namun biasanya setelah itu penunggang kuda akan merasakan kenyamanan saat mereka menunggang kuda.

www.perthracing.org.au
www.perthracing.org.au

Menunggang kuda juga bisa dilakukan bersama dengan teman-teman penunggang kuda lainnya. Kita bisa bersosialisasi dengan mereka dan saling berbagi pengalaman tentang olahraga berkuda.

Itu yang cenderung akan dilakukan karena manusia senang dengan orang lain yang memiliki kesenangan yang sama dengan mereka. Jadi olahraga menunggang kuda dapat membuat kita memiliki teman baru, atau komunitas baru.

SHARE