Siapa tak kenal brownies? Rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut membuat cake coklat satu ini menggoda selera semua orang untuk melahapnya.

Berbagai toko roti hampir tak pernah absen untuk memasang menu ini di galeri mereka.

Beberapa potong brownies ditemani secangkir teh hangat dapat menjadi andalan bunda untuk mendekati hati suami ataupun si kecil. Akan lebih spesial jika bunda membuat brownies sendiri.

Membuat brownies sebenarnya sama sekali tak sulit. Brownis bisa dibuat oleh bunda yang masih amatiran dalam memasak cake sekalipun.

Selain brownies panggang, ada juga brownies kukus dimana cara memasaknya dengan mengukus adonan.

www.diahdidi.com
www.diahdidi.com

Warna brownies juga dapat divariasikan dengan menambahkan pewarna makanan serta menggunakan coklat putih. Jangan salah, meskipun berwarna-warni dan warnanya tidak coklat tetap disebut brownies.

Berikut ini resep brownies panggang yang dapat mendekatkan hati keluarga.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.syauqi-hamada.blogspot.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah gula pasir 150 gram, dark coklat 200 gram, mentega 200 gram, telur ayam 3 butir, garam ┬╝ sendok teh, dan tepung terigu 120 gram.

Agar lebih mudah potong dark coklat menjadi kecil-kecil. Adapun sebagai toping kamu dapat menggunakan kacang almond, kenari, mete, atau meses warna-warni sesuai selera.

2Buatlah Adonan Brownies

www.syauqi-hamada.blogspot.com

Pertama kali lelehkan mentega menggunakan teflon dengan menggunakan api kecil. Masukan potongan dark coklat serta garam. Aduk-aduk sampai tercampur merata, kemudian sisihkan.

Kocoklah telur dengan menggunakan mixer sampai mengembang. Selanjutnya masukan tepung terigu dan gula pasir ke dalam kocokan telur. Campurkan sampai benar-benar merata.

Tambahkan mentega dan coklat yang telah dilelehkan ke dalam adonan tepung. Kemudian aduk kembali sampai merata.

Olesi cetakan brownies dengan mentega kemudian alasi dengan kertas roti. Tuangkan adonan ke dalam cetakan.

3Panggang di Dalam Oven

www.heartcookies.wordpress.com

Sebelum dipanggang taburi kacang almond atau mete sebagai toping sesuai selera. Adonan siap dipanggang dalam oven pada suhu 170oC selama kurang lebih 45 menit.

Kamu juga dapat menggunakan oven kompor. Namun karena suhu oven kompor tidak dapat diatur, kamu harus mengecek kematangan brownies secara manual.

Gunakan tusuk gigi untuk menusuk brownnies. Jika saat tusuk gigi diangkat sudah kering, maka brownies sudah matang.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.lafempat.wordpress.com

Angkatlah brownies dari oven saat masih dalam kondisi panas. Kemudian potong kecil-kecil untuk disajikan menggunakan piring saji kecil. Agar lebih spesial tambahkan susu kental manis, parutan keju, dan strawberry.

Quality time di akhir pekan bersama keluarga tak harus diisi dengan liburan dan jalan-jalan. Mengobrol bersama di ruang keluarga tanpa diganggu kesibukan menggunakan gadget juga dapat menjadi pilihan.

Di saat musim hujan, hidangkan brownies bersama teh hangat untuk menemani saat berkumpul dengan keluarga di akhir pekan.

Ajaklah suami untuk mendengarkan cerita aktivitasnya selama sepekan di sekolah atau bersama teman-teman sepermainannya.

Sebagai pemula, jika masih belum percaya diri dengan pengalaman memasak cake, buatlah brownies dalam porsi kecil. Jika terjadi kegagalan produk hal itu tidak akan terlalu mengecewakan.

Namun, jika sudah mahir membuat cake, kamu dapat membuatnya dalam porsi besar. Jangan lupa bagi-bagikan kepada tetangga di sekitar rumah.

www.browniespanggangonline.wordpress.com
www.browniespanggangonline.wordpress.com

Salah satu tips mengisi waktu libur di akhir pekan menyenangkan adalah memasak brownies bersama si kecil. Meskipun dapur akan lebih berantakan, namun pengalaman memasak bersama si kecil akan terkesan bahkan saat ia dewasa.

Kalaupun brownies yang dihasilkan gagal dan tidak sesuai harapan, setidaknya si kecil akan tetap menikmati brownies tersebut karena ia juga berperan dalam memasaknya.

SHARE